Monday, May 04, 2009

Mengapa Menikah?

Mengapa kita menikah? Pasti banyak alasan untuk memutuskan menikah atau tidak menikah. Tapi buat saya, kita menikah karena sudah menemui orang yang tepat. Dan karena saya sudah menemukan orang yang tepat, saya memutuskan untuk menikah.

Tapi keputusan untuk menikah sebenarnya juga tidak sesederhana itu. Di dalam kepala saya selalu ada pikiran-pikiran yang membuat takut. Apakah saya bisa menjadi istri yang baik? Apakah saya akan kehilangan kebebasan saya setelah menikah? Apakah RJ akan menjadi suami yang baik? Apakah saya masih bisa bermanja-manja dengan mama saya setelah menikah?

Tapi ya sudahlah…toh pada akhirnya cepat atau lambat saya akan menikah. Saya mencoba untuk membuang semua pikiran-pikiran buruk dan memberanikan diri untuk menikah.

Kemudian mulailah persiapan pernikahan. Suatu malam, saya dan RJ baru saja pulang jalan-jalan. Kemudian RJ mengantarkan saya pulang. Ketika di rumah, mama menanyakan tentang ‘masa depan’ hubungan kami. Kemudian RJ bicara pada papa dan mama tentang rencana-rencana yang telah kami bicarakan sebelumnya.

Kemudian, persiapan pernikahan mulai disiapkan. Yang paling menguras pikiran dan tenaga adalah proses pencarian gedung. Maret 2009, saya sudah mulai mencari tempat pernikahan. Perburuan dimulai melalui telepon. Hampir semua gedung di Jakarta sudah dihubungi, dan mayoritas tanggal yang kami inginkan sudah dipesan orang lain.

Kami juga sempat melihat venue-venue pernikahan langsung seperti Museum Satria Mandala, Gedung Arsip dan Gedung Smesco. Dari tiga tempat ini, I’m totally in love with Gedung Arsip. Tapi ada beberapa catatan dari RJ, yaitu tempat parkirnya kecil, terus lokasinya macet dan jauh. Ternyata ortu saya dan ortu RJ juga ngga suka dengan Gedung Arsip. Yah…memang ngga semua yang lo mau bisa lo dapet.

Pencarian dimulai lagi. Kami melihat Golf Pondok Indah. Uhm..sebenernya gedungnya biasa aja. Malahan gedungnya kecil buat ukuran resepsi pernikahan. Tapi viewnya benar-benar indah. Hamparan rumput hijau lapangan golf pasti langsung menyita perhatian. Saya, RJ dan ortu saya sudah suka dengan tempat ini, dan kami sudah mau membayar DP.

Tapi pengelola gedung ini menurut saya sungguh tidak professional. Mereka tidak mau menerima DP. Alasannya, mereka akan mengadakan rapat anggaran bulan Mei. Jadi ada kemungkinan harga-harga gedung dan makanan akan naik. Padahal sebenarnya harga yang dipatok saat ini sudah cukup mahal, apalagi ditambah PPn 21%. Tapi oke deh, kami tunggu, karena sudah cape nyari-nyari tempat lagi.

Hingga akhir april, RJ menelepon kembali pengelola gedung. Jawabannya malah semakin tidak jelas. Katanya rapat anggaran ditunda hingga bulan Juni. Mereka malah menyarankan kami mencari gedung lain. Aneh kan?

Kemudian pencarian dimulai lagi. Saya dan RJ menelepon gedung-gedung yang saya suka. Berharap ada orang yang membatalkan pernikahan di tanggal yang kami inginkan. Sebenarnya gedung-gedung ini sudah kami telepon bulan maret lalu. Tapi yah, kita tidak pernah tau kapan rezeki akan dating kalau tidak berusaha.

Saya dan RJ menelepon Balai Sudirman, Bidakara, PTIK dan Manggala Wanabhakti. Ajaib! Ternyata di Balai Sudirman Panti Perwira masih ada untuk tanggal 13 Desember malam. Padahal sebelumnya kami sudah menelepon dan katanya pada tanggal 12 dan 13 Desember sudha penuh. Well, sebenarnya saya dan RJ lebih suka pernikahan pada tanggal 12 Desember. Tapi kalau sudah begini, ambil saja tanggal 13 Desember! Dan kemudian DP dibayar. Selesai urusan gedung!

1 comment:

Anonymous said...

selamat berbahagia ya,
jika butuh MC dan hiburan musik untuk acara , kami siap membantunya..........ricksandco

http://pembawaacarapresenterorgantunggal.blogspot.com